Hukum Nonton Acara Sulap Atau Sihir?

Pertanyaan:
Seseorang bersama anak-anaknya melihat acara (televisi) yang berisi sihir dan sulap. Apakah berlaku bagi mereka hukum pergi ke dukun dan paranormal?

Jawaban:
Tidak boleh, bahkan haram hukumnya bagi seorang muslim menonton stasiun tv seperti itu. Stasiun tv seperti itu lebih buruk dari stasiun yang menyiarkan acara-acara jorok. Meskipun keduanya sama-sama haramnya, akan tetapi menonton stasiun tv yang menyiarkan dan mengajarkan sihir dan perdukunan, bahayanya sangat besar. Jika dia (orang yang menonton) membenarkan para tukang sihir itu, berarti dia telah mendustakan apa yang telah diturunkan kepada Muhammad –shollallohu ‘alaihi wa sallam–.

Kewajibanmu adalah menjaga diri dan anak-anakmu dari melihat stasiun tv semacam ini. (Alloh berfirman)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (at-Tahrim: 5)

Sama saja apakah menonton acara-acara ahli nujum, sihir atau sulap, demikian juga menonton stasiun tv yang jorok, yang menyiarkan perbuatan keji dan jorok, mengajak kepada zina dan perbuatan hina. Maka wajib bagimu untuk menjauh. Sungguh mereka telah mempersiapkan sesuatu, jika engkau menyadarinya, maka kasihanilah dirimu jika engkau mengabaikannya.

Fatwa oleh: Syaikh Sholih bin Sa’ad as-Suhaimi — hafizhohulloh.

Dengarkan fatwa beliau di alsoheemy.net
Download fatwa beliau di alsoheemy.net

Sumber: albamalanjy.wordpress.com dan dipublikasikan ulang oleh ibnuabbaskendari.wordpress.com

Artikel Terkait:

Hukum Penyihir, Peramal dan yang Semisal Mereka Serta Hukum Mempercayai Mereka

Pengaruh Sihir, Nyata Atau Tidak ?

6 Responses to Hukum Nonton Acara Sulap Atau Sihir?

  1. Ping-balik: Tweets that mention Hukum Nonton Acara Sulap Atau Sihir? « Madrasah Ibnu Abbas As-Salafy Kendari -- Topsy.com

  2. samsuri says:

    Sulap adalah teknik permainan yang logika tdak ada klenik-klenik, sebelum mengeluarkan statmen tolong pelajari dekati dulu, namanya juga selap selip, yang katanya perjanjian sama jin itu pembohongan besar hanya permainan trik aja. wassalam

  3. Arif says:

    Afwan.. jika ana salah…
    Sulap bukanlah sihir… bahkan jauh berbeda….okey… kita mulai dari pengertian sihir..

    Al-Azhari berkata bahwa sihir adalah perbuatan yang dilakukan dengan mendekatkan diri kepada setan dan meminta bantuan dengannya, sihir menurutnya juga berarti menipu pandangan sehingga seseorang menyangka bahwa apa yang dilihatnya itu benar padahal sebenarnya tidak.

    Abu Bakar ibnu Al-Araby seorang fakar tafsir dan hukum islam bermazhab Maliki (w.1148 M) berpendapat bahwa sihir adalah ucapan-ucapan yang mengandung pengagungan kepada selain Allah yang dipercaya oleh pengamalnya dapat menghasilkan sesuatu dengan kadar-kadarnya.

    Imam Al-Alusy berpendapat bahwa sihir adalah perkara-perkara ganjil yang seakan-akan ia adalah perkara yang luar biasa tetapi bukanlah luar biasa, karena sihir dapat dipelajari dan diperoleh melalui takarrub (mendekatkan diri) kepada setan dengan melakukan kejahatan berupa ucapan seperti jampi-jampi yang mengandung makna kemusyrikan serta pujian kepada setan , dan berupa perbuatan seperti beribadah kepada bintang-bintang dan melakukan jinayah serta kefasikan, dan berupa keyakinan seperti menganggap baik perkara yang membawa kepada takarrub serta cinta kepada setan.

    Masih banyak sebenarnya, pendapat kalangan ulama lainnya yang mendefinisikan makna sihir. Namun dapat ditarik satu persamaan bahwa yang dimaksud sihir adalah suatu kemampuan melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan dengan meminta bantuan kekuatan jin dan yang sebangsanya.

    Sihir yang seperti inilah tentunya yang diharmkan oleh agama karena mengandung unsur kemusyrikan dimana manusia meminta pertolongan kepada selain Allah, bahkan kepada para syaithan yang jelas-jelas mendurhakai Allah SWT.

    Pertanyaannya apakah sulap sama dengan sihir…
    Jika di terjemahkan ke bahasa inggris sebenarnya sulap dan sihir mempunyai kata yang sama yaitu magic padahal kata magic sendiri jika dilakukan reserve ke bahasa indonesia kadang aartinya juga lain bisa berarti ajaib, sulap, sihir tergantung kalimat yang melengkapinya.

    Sulap sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis seni karena biasanya acara sulap banyak membikin kagum pemirsanya sehinnga jenis hiburan ini juga banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia bahkan acara-acara sulap di televisi nasional juga memiliki ratting yang cukup tinggi ditandai dengan banyaknya sponsor dalam acara tersebut dan terkadang dalam percakapan sehari – hari juga cukup banyak diantara teman-teman kita yang membicarakanya.

    Sulap adalah sebuah seni yang merupakan gabunngan dari seni lainnya. Pada dasarnya sulap adalah sebuah trik. Yang pertama bisa menggunakan kecepatan tangan . Yang kedua menggunakan alat2 yang memang dirancang khusus. dan Yang ketiga adalah dengan ilmu psikologi. Lalu apakah semua itu juga dilakukan oleh pesulap2 terkenal seperti David Cooperfield, Demian, Cyril Takayama, Criss Angle dll..
    Jawabannya adalah IYA… itu adalah sebuah trik….
    Apa buktinya… ?? akhi bisa lihat disini http://www.youtube.com/user/TrickbustersTV

  4. iswan says:

    al ustadz umar as sewed pernah di tanya tentang sulap dan beliau menjawab yang kurang lebih sebagai berikut,”tidak boleh walaupun tidak mengandung sihir di situ ada unsur penipuan.. wallahu a’lam

  5. rahmadsyah says:

    sudah jelas, segala kemampuan para pesulap yang diluar akal manusia itu semua adalah bantuan jin/setan. jadi jangan kalian terperdaya olehnya. jin sekarang menggoda manusia melalui teknologi. camkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: