2 Hal yang Banyak Memasukkan Manusia Ke Surga

Abu Ahmad Fuad Hamzah Baraba’ Lc

Sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam, hendaklah ia selalu menaati Allah dan Rasul-Nya. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan hamba-hambanya untuk menaati Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya, banyak ayat-ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang hal itu, diantaranya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

“Katakanlah: “”Taatilah Allah dan RasulNya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir” (Qs. Ali Imron:32)

Sehingga orang yang taat kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berarti ia pada waktu yang sama telah menaati Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling(dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.”(QS An-Nisa`:80).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat perhatian dalam segala hal kepada umatnya, dan selalu menganjurkan kepada umatnya untuk selalu bertakwa kepada Allah dimanapun berada, Rasulullah bersabda:

“Bertakwalah kepada Allah dimanapun kau berada, dan iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baikniscaya akan menghapuskannya, dan pergaulilah manusia dengan akhlaq yang baik.”(HR Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ad-Darimi).

Kalau kita memperhatikan hadits yang mulia ini, maka kita dapatkan pada awal hadits perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk bertakwa kepada Allah dan pada akhir hadits ini kita dapatkan perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk berakhlaq baik. Keduanya (bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan berakhlak baik) adalah sesuatu yang paling banyak memasukkan manusia kedalam surga. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukkan seseorang kedalam surga, sebagaimana yang diceritakan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukkan manusia kedalam surga, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Taqwalloh (bertakwalah kepada Allah) dan Husnul khuluq (berakhlak baik)” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Hibban dalam shohihnya, dan Baihaqi dalam az-Zuhd, dll)

Oleh karena, itu setelah kita mengetahui hal ini, maka hendaknya kita bisa berusaha semampu kita agar bisa merealisasikan kedua hal tersebut supaya bisa meraih apa yang telah dijelaskan oleh rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ::

Sumber: Majalah Adz-Dzakhiirah Vol. 9 no. 02 Edisi 68 1432H/2011M

Artikel: www.ibnuabbaskendari.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: