Keutamaan Berzikir Ketika Masuk Rumah dan Sebelum Makan

Ustadz Abdullah Taslim. MA

     عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِىَّ يَقُولُ: « إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ » رواه مسلم

     Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu bahwa dia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika seseorang masuk ke dalam rumahnya dan menyebut (nama) Allah ketika masuk dan ketika makan (maka pada waktu itu) setan berkata (kapada teman-temannya): “Tidak ada tempat menginap dan makanan bagi kalian”. Tapi jika dia masuk (rumahnya) dan tidak menyebut (nama) Allah ketika masuk, maka setan berkata: “Kalian mendapat tempat menginap”. Dan jika dia tidak menyebut (nama) Allah ketika makan maka setan berkata: “Kalian mendapat tempat menginap dan makanan”[1].

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan berzikir (menyebut) nama Allah Subhanahu wa Ta’ala ketika masuk rumah dan sebelum makan[2], karena ini merupakan sebab terlindungnya seorang hamba dari godaan dan tipu daya setan yang selalu mengajak manusia kepada keburukan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

{إِنَّمَا يَأْمُرُكُمْ بِالسُّوءِ وَالْفَحْشَاءِ وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُون}

“Sesungguhnya syaithan itu hanya menyuruh kamu berbuat buruk (semua maksiat) dan keji, dan mengatakan tentang Allah apa yang tidak kamu ketahui” (QS al-Baqarah:169).

Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:

– Semua perbuatan yang dinisbahkan kepada setan adalah perbuatan yang buruk dan tercela dalam Islam, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits lain: “Janganlah kamu makan dengan tangan kiri, karena sesungguhnya setan makan sengan tangan kiri”[3].

– Dalam hadits lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan lafazh zikir yang disyariatkan untuk diucapkan ketika masuk rumah, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika seseorang (akan) masuk rumah hendaknya dia membaca (zikir):

((اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا))

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar, dengan nama Allah kami masuk, dengan nama-Nya kami keluar, dan hanya kepada-Nya kami berserah diri”.

Kemudian hendaknya dia mengucapkan salam kepada keluarganya”[4].

– Demikian juga tentang lafazh zikir yang disyariatkan sebelum makan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika salah seorang dari kalian hendak makan maka hendaknya dia membaca: Bismillah, kalau dia lupa membacanya di awal (sebelum makan) maka hendaknya dia membaca: Bismillahi fi awwalihi wa aakhirihi[5].

– Dalam hadits ini Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan lafazh “al-mabiit” (tidur di malam hari) dan “al-‘asyaa’” (makan malam), tapi ini tidak menunjukkan pengkhususan di waktu malam, karena keutamaan di hadits ini berlaku untuk semua waktu di dalam rumah[6].

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Kota Kendari, 13 Dzulqo’dah 1432 H

Abdullah bin Taslim al-Buthoni

Artikel: www.ibnuabbaskendari.wordpress.com


[1] HSR Muslim (no. 2018).

[2] Lihat keterangan Imam an-Nawawi rahimahullah dalam kitab “Syarhu shahiihi Muslim” (13/190).

[3] HSR Muslim (no. 2019).

[4] HR Abu Dawud (no. 5096), dinyatakan shahih oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam “ash-Shahiihah” (no. 225).

[5] HR at-Tirmdzi (no. 1858) dan Abu Dawud (no. 3767), dinyatakan shahih oleh Imam at-Tirmdzi dan Syaikh al-Albani rahimahullah

[6] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (10/171).

One Response to Keutamaan Berzikir Ketika Masuk Rumah dan Sebelum Makan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: